Portal Puskesmas Kota Depok

Puskesmas Cilangkap
Puskesmas
  • Puskesmas Cilangkap
2024-04-27 10:25:15

Penyuluhan Luar Gedung dan Skrining HIV di SMK Puspita MEdika

  • HIV merupakan penyakit yang berbahaya. Edukasi mengenai HIV/ADIS perlu diberikan kepada anak-anak usia sekolah, dari tingkatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), atau yang setara. Pendidikan tentang AIDS untuk siswa di tingkat akhir sekolah dasar / menengah harus dirancang dengan mempertimbangkan informasi lebih banyak mengenai HIV/AIDS merupakan virus.

    Virus dapat ditularkan dari orang yang terinfeksi ke orang yang tidak terinfeksi melalui berbagai cara. Beberapa virus menyebabkan penyakit di antara manusia. Orang yang terinfeksi beberapa virus penyebab penyakit mungkin tidak memiliki tanda atau gejala penyakit apa pun.

    AIDS melemahkan kemampuan individu yang terinfeksi untuk melawan penyakit, termasuk menyebabkan pneumonia berat dan langka. Atau bisa juga menjadi penyebab munculnya kanker yang disebut sarkoma kaposi.

    Virus AIDS dapat ditularkan melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi, menggunakan jarum suntik yang sama dengan orang yang terinfeksi, serta menurun dari ibu yang terinfeksi ke bayinya sebelum atau selama kelahiran.

    Pendidikan tentang AIDS untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat  perlu dikembangkan dan disajikan dengan memperhatikan informasi mengenai penyebab AIDS. Risiko terinfeksi HIV bisa dihindari dengan tidak melakukan aktivitas seksual atau menggunakan obat-obatan terlarang.

    Jika terinfeksi harus mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi pasangan seksual agar tidak terinfeksi, menghentikan pengguna narkoba sebelumnya, menerima konseling dan tes. Juga berhati-hati agar tidak hamil, serta mencari perawatan medis.
    Rabu, tanggal 24 April 2024 Tim tenaga kesehatan dari UPTD Puskesmas Cilangkap melakukan kegiatan Penyuluhan Luar Gedung dan Skrining HIV di SMK Puspita Medika. Tim ini terdiri dari Dokter Umum, Petugas ATLM , Petugas Promkes dan Perawat. Kegiatan ini dilakukan untuk melakukan screnning Cepat HIV bagi Anak - anak di SMK Puspita Medika. Kegiatan ini berupa kegiatan Penyuluhan dan pemerikssan HIV Rapid pada anak - anak sekolah SMK Puspita Medika. 

Download File