Portal Puskesmas Kota Depok

Puskesmas Cilangkap
Puskesmas
  • Puskesmas Cilangkap
2023-03-14 13:09:41

* SANGKAR CANTIK * Pemasangan Kartu Ceklis Pemantauan Jentik

  • Penyelidikan Epidemiologi DBD adalah kegiatan pencarian penderita atau tersangka DBD lainnya dan pemeriksaan jentik di tempat tinggal penderita dan rumah/bangunan sekitarnya termasuk tempat-tempat umum dalam radius sekurang-kurangnya 100 (seratus) meter ( Kira - kira 20 rumah) yang berada di sekitar rumah penderita tersebut. 
            Menindaklanjuti Kasus Demam Berdarah yang menyerang salah satu warga di RT 02 / RW 17, Surveilens UPTD  Puskesmas Cilangkap bersama Kader Jumantik RW 17 Kelurahan Cilangkap melakukan kegiatan Penyelidikan Epidemiologi (PE) pada tempat tinggal dan sekitar tempat tinggal penderita pada hari ini, Sabtu, 11 Maret 2023.
        Kegiatan PE DBD ini bertujuan untuk mengetahui potensi penularan dan penyebaran DBD lebih lanjut serta tindangan penanggulangan yang perlu dilakukan di wilayah sekitar tempat tinggal penderita.  Dilanjutkan dengan pemeriksaan jentik di tempat penampungan air dan penaburan bubuk abate pada penampungan air yang positif jentik. Jika ada Jentik nyamuk, maka jentik nyamuk tersebut akan dibawa ke Laboratorium UPTD Puskesmas Cilangkap untuk diperiksa apakah termasuk jentik Nyamuk Demam Berdarah atau bukan. Untuk Kemudian akan dilanjutkan kordinasi dengan penangung jawab Kesehatan Lingkungan UPTD Puskesmas Cilangkap apakah diperlukan untuk dilakukan Fogging dalam ruangan atau Fogging di Luar Ruangan juga.
        Surveilens UPTD Puskesmas Cilangkap bersama Kader Kesehatan Juga melakukan Kegiatan * SANGKAR CANTIK * ( Pemasangan Kartu Ceklis pemantauan Jentik ). Pada kegiatan ini Kader Kesehatan dengan arahan dari Surveilens UPTD Puskesmas Cilangkap akan memnempelkan kartu Ceklis seperti Stiker sebagai tanda bahwa rumah tersebut sudah dilakukan pemantauan jentik nyamuk dan akan dilakukan pemamantaun secara berkala. 
           Surveilens UPTD Puskesmas Cilangkap menghimbau kepada anggota keluarga dalam satu pekarangan rumah tersebut agar menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyebaran penyakit DBD menyerang anggota keluarga lainnya dan warga disekitar tempat tinggal penderita. Selain itu, dihimbau kepada Kepala Dusun agar menyampaikan informasi agar warga disekitar tempat tinggal penderita juga melakukan langkah-langkah pencegahan penyakit DBD dengan menjaga kebersihan lingkungan.
Download File